Rabu, 19 Agustus 2020

Essay Tentang Penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi

 Penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi

 

Indonesia tidak tersusun dari batas peta, tapi gerak dan peran besar kaum muda, begitulah kata Najwa Shihab, hal ituh menandakan bahwa kaum muda merupakan pilar penggerak bangsa yang mana dapat membawa pengaruh terhadap maju atau tidaknya suatu bangsa. Mahasiswa merupakan kaum muda bangsa yang menjadi ujung tombak dari suatu bangsa, semakin baik kualitas mahasiswa di suatu bangsa, maka semakin baik pula bangsa tersebut. Oleh karena itu, mahasiswa berperan penting dalam kemajuan bangsa. Mahasiswa memiliki kewajiban-kewajiban yang harus dilaksanakan yang disebut dengan tri dharma perguruan tinggi. Menurut UU No. 12 Tahun 2012 Pasal 1 Ayat 9, Tridharma Perguruan Tinggi mencakup kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Tri dharma perguruan tinggi muncul karena perubahan sosial pada masyarakat yang begitu cepat, sehingga perguruan tinggi dituntut untuk mewujudkan kedudukan dan fungsinya yang lebih nyata melalui 3 aspek tersebut (Yuliawati, S., 2012). Tri dharma perguruan tinggi bukan hanya ditujukan untuk mahasiswa saja, namun dosen juga harus melaksanakan kewajiban tersebut. Lantas, bagaimana cara menerapkan kewajiban tri dharma perguruan tinggi?

Cara pertama yaitu dengan menerapkan pada aspek pendidikan. Menurut UU No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS, pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara (Wibawa, S., 2017).. Pada poin ini, pendidikan bukan hanya sebatas mata kuliah kejuruan saja, namun juga terdapat mata kuliah wajib seperti Bahasa Indonesia, Pancasila, dan lain-lain agar rasa nasionalisme pemuda tidak luntur Selain itu, pembelajaran di dalam kelas yang aktif antara dosen dan mahasiswa juga dapat memudahkan tercapainya poin pendidikan ini. Poin ini dinilai sangat penting karena dengan pendidikan diharapan akan tercipta mahasiswa yang mempunyai akhlak yang baik serta mampu memajukan bangsanya.

Kedua yaitu dengan menerapkan pada aspek penelitian. Penelitian adalah kegiatan yang dilakukan menurut kaidah dan metode ilmiah secara sistematis untuk memperoleh informasi, data, dan keterangan yang berkaitan dengan pemahaman dan/atau pengujian suatu cabang ilmu pengetahuan dan teknologi (Wibawa, S., 2017). Penelitian merupakan implementasi lanjutan dari pendidikan yang diterima. Hal tersebut dikarenakan pendidikan lebih bersifat ke teori, sedangkan penelitian lebih bersifat kepada praktik. Oleh karena itu, ilmu yang diberikan harus diimplementasikan melalui penelitian agar mahasiswa lebih menguasai ilmu-ilmu yang mereka dapatkan.

Ketiga, yaitu dengan menerapkan pada aspek pengabdian masyarakat.  Pengabdian Masyarakat adalah kegiatan yang memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa (Wibawa, S., 2017). Selain mengenyam pendidikan, mahasiswa haruslah memiliki jiwa sosial yang tinggi agar dapat bermanfaat bagi masyarakat maupun bangsa. Selain itu, dengan adanya pengabdian masyarakat ini, mahasiswa dapat memecahkan masalah masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung dengan berbekal pendidikan yang mereka dapatkan.

Ketiga cara untuk menerapkan tri dharma perguruan tinggi hendaknya diterapkan oleh seluruh mahasiswa. Hal itu dikarenakan tri dharma perguruan tinggi merupakan kewajiban bagi seorang mahasiswa, maka sudah seharusnya untuk dilakukan.

 

DAFTAR PUSTAKA

Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003. Sekertariat Negara. Jakarta.

Pemerintah Indonesia. 2012. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Lembaran Negara RI Tahun 2012. Sekertariat Negara. Jakarta.

Wibawa, S. 2017. Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat). Disampaikan dalam Rapat Perencanaan Pengawasan Proses Bisnis Perguruan Tinggi Negeri. Yogyakarta.

Yuliawati, S. 2012. Kajian Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai Fenomena Pendidikan Tinggi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya.

 

 

 

 

 

Latest
Next Post

0 komentar: